Australia Ajukan Diri untuk Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2018

28 Februari 2008

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, mengatakan dunia olah raga Indonesia juga akan memperoleh manfaat bila Australia berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018.

“Rakyat Australia, sebagai pencinta olah raga, sangat antusias dan menyambut baik pengumuman Perdana Menteri Rudd minggu ini bahwa Pemerintah akan secara resmi mendukung Federasi Sepak Bola Australia (FFA) untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018,” ujar Farmer.

“Namun pencalonan diri tersebut juga akan membangkitkan minat besar di Indonesia dan negara-negara lain di kawasan, karena saya yakin pendukung sepak bola di seluruh Asia Tenggara akan gembira melihat turnamen olah raga kelas tinggi dunia diselenggarakan di depan pintu mereka,” katanya.

“Banyak penggemar dari seluruh kawasan akan dapat berkunjung ke Australia untuk menyaksikan pertandingan, sementara lainnya akan dapat menikmati pertandingan di televisi pada jam tayang utama, seperti yang kita saksikan ketika Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah pertandingan pada 2002.”

Perdana Menteri Rudd, menggarisbawahi dukungannya terhadap pencalonan tersebut, mengatakan dia akan mengikutsertakan masalah ini di agenda pertemuan Pemerintah Persemakmuran dan Negara Bagian dan Teritori bulan depan, karena hal tersebut memerlukan dukungan semua tingkat pemerintah.

“Memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018 merupakan tugas yang sangat besar, namun mengatasi rintangan berat adalah kepiawaian Sepak Bola Australia,” ujar Rudd.

“Australia mempunyai pamor unggul – di dalam maupun di luar lapangan. Pesta Olah Raga Olimpiade Sydney 2000, Piala Dunia Rugbi 2003 dan Pesta Olah Raga Persemakmuran 2006 memperlihatkan kepada dunia bahwa Australia adalah bangsa yang mampu menyelenggarakan acara-acara terbaik dunia.”

Rudd berujar Pemerintah “ingin sekali menyaksikan pencalonan diri Australia dilakukan sesegera mungkin”, dengan pertimbangan bahwa tuan rumah untuk Piala Dunia FIFA 2018 kemungkinan besar akan diumumkan pada 2011.

Perwakilan FFA akan bertemu dengan pejabat tinggi Pemerintah Australia minggu depan untuk mulai merencanakan pencalonan ini.

Piala Dunia FIFA adalah kegiatan olah raga terbesar di dunia. Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman menyedot 3,35 juta penonton, termasuk 2 juta pengunjung dari luar negeri.

Pertandingan tersebut disiarkan ke 214 negara dan disaksikan oleh penonton TV sebanyak 26 milyar secara kumulatif.

Perdana Menteri Rudd mengatakan tempat-tempat pertandingan seperti MCG dan Telstra Dome di Melbourne, Stadion ANZ dan Stadion Sepak Bola Sydney di Sydney, Stadion Suncorp di Brisbane dan stadion baru yang belum lama ini diumumkan di Perth dapat menjadi tempat pertandingan.

“Sepak bola di Australia mempunyai 450.000 peserta terdaftar dan belum pernah sepopuler sekarang,” ujar Dubes Farmer.

“Pengajuan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 merupakan langkah wajar setelah prestasi Socceroos yang mengagumkan di Piala Dunia 2006 dan keberhasilan perbaikan kompetisi dalam negeri, Liga A,” kata Dubes.

Masing-masing anggota FIFA mendapat satu suara dalam menentukan keberhasilan pemilihan tuan rumah.

Informasi lebih lanjut:
John Williams (Atase Pers) tel. 021 2550 5290 hp. 0812 1053 989

3 Balasan ke Australia Ajukan Diri untuk Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2018

  1. peresamping mengatakan:

    ah…ntar juga kesalip ma negara Indonesia TImur…
    ntar gw sebagai menlunya mu ngajuin Negara Indonesia Timur sebagai tuan rumah Piala DUnia 2014.
    makanyabud pindah kewarganegaraan aja…

  2. Nando mengatakan:

    OOOOiiiiii…datang ke blog gw, kasih comment apa keq gitu..ngrookkkk

    wajib..

  3. Nando mengatakan:

    hohoho…lupa alamatnya

    newzeanando.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: