geografi

Bangsa Australia merupkn satu-satunya bangsa yang memiliki benua. Benua ini merupakan benua yang luas dan sangat luar biasa. Dari semenanjung Cape York di Queensland di utar sampai ke tanjung tenggara di pulau Tasmania, panjangnya sekitar 3.220 km, sedangkan dari Titik Curam di Australia barat di sebelah barat hingga ke Tanjung Byron di New South Wales di timur, panjangnya sekitar 3.860 km.

Panjang pantainya yang lebih dari 36.735 km adalah sangat rata karena pantai ini dihempas oleh air laut selama jutaan tahun. Di pantainya terdapat dua cekung, yaitu di selatan. Di sepanjang pantai timur laut terdapat salah satu keajaiban alam yang sangat mencengangkan – kebun bawah air yang luar biasa. Penghalang karang besar, yaitu suatu bentuk karang terpanjang di dunia, membentang sepanjang 2.010 km. terpisah dari daratan Australia oleh laut dangkal selebar 16 – 160 km, terletak 600 pulau kecil yang tersebar di hamparan laut raksasa.

Masa jutaan tahun yang penuh dengan hujan dan angin telah mengoyakkan pegunungan kuno di Australia sehingga merupakan benua yang paling rata di dunia. Hampir separuh wilayahnya adalah plato yang tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut. Namun, wajah Australia tidak menyuguhkan suatu kontras yang dramatis. Terdapat tiga wilayah alam besar: busur pembagi besar atau daratan tinggi timur, dataran rendah tengah, dan Plato Barat Besar.

Busur Pembagi Besar merupakan jaringan plato, bukit dan pegunungan rendah yang sejajar dengan pantai timur dan tenggara Australia. Busur Pembagi Besar meliputi pegunungan Biru dan alpen Australia.

Di sepanjang pantai , di sisi timur dan selatan busur pembagi besar, terletak di kota-kota besar Australia – Sydney, Melbourne, dan Brisbane – serta berbagai kota besar dan kedil lainnya. Di sepanjang barat lereng Busur Pembagi besar ini terletak “bulan sabit subur”, yaitu suatu wilayah yang dialiri dengan baik, yang merupakan lahan pertanian dan tempat peternakan biri-biri yang luas.

Air merupakan masalah yang merisaukan bagi Australia karena Australia merupakan benua terkering. Busur pembagi Besar ini merupakan sumber air utama bagi Australia. Terdapat juga beberapa sungai pendek dan berair deras yang mengalir kea rah timur dan selatan menuju pantai. Sungai pedalaman yang panjang, yang menyediakan air bagi lahan subur Australia, mengalir menjauhi pantai dan karena datarnya wilayah Australia, airnya pun mengalir pelan sekali.

Sungai Murray, yang panjangnya 2.570 km dan merupakan sungai terbesar di Australia, membentang sepanjang bagian utama perbatasan antara Negara bagian New South Wales dan Victoria sebelum masuk ke laut di Australia selatan. Murray, dengan banyak anak sungainya – darling, Murrumbidgee, dan Lachlan (yang mengalir masuk ke sungai Murrumbidgee) – membentuk jaringan air utama Australia. Limpahan air dari hulu yang mencapai sungai panjang yang mengalir pelan ini mungkin memerlukan waktu berminggu-minggu untuk dapat meluas ke daerah Australia yang lain.

Dataran rendah tengah banyak terisi padang rumput yang terbaik di Australia. Cirri yang paling aneh di wilayah ini adalah cekung artesis besar, yang luasnya 1.735.300 km2, tempat air hanya ditemukan jauh di dalam tanah. Diperkirakan bahwa lebih dari 2.500 penggalian sumur dilakukan agar dapat menyediakan air untuk mengairi lahan penggembalaan dan padang rumput. Airnya pun mengandung terlalu banyak garam dan mineral lain untuk dipakai mengairi berbagai lahan pertanian.

Danau Eyre, di Negara bagian Australia selatan, yaitu di ujung selatan Dataran Rendah Tengah, pada umumnya merupakan cekung yang kering dan sangat luas. Karena kekeringan berlangsung selama bertahun-tahun, hampir sepanjang waktu danau ini selalu berupa cekung Lumpur raksasa yang kering dan mengandung garam. Sebelah selatannya lagi, antara sungai Murray dan Lachlan, terletak lahan pertanian subur Australia dan lading penggmbalaan ternak terbaik.

Plato Barat besar hampir meliputi separuh wilayah benua. Para arkeolog menduga bahwa bagian baratdaya plato ini mungkin berusia 3.000.000.000 – 6.000.000.000 tahun. Sebagian besar pedalaman plato ini berupa padang pasir- Padang Pasir Besar, Padang Pasir Gibson, Padang Pasir Victoria Besar –dan daratan “bergeming” yang terbentang luas dan tertutup oleh batu koral, atau oleh lahan gersang yang berupa semak – semak rumput dan rumput paku. Terdapat pula berbagai batu-muncul, seperti Ayers Rock ajaib, yang secara kelakar disebut sebagai kerikil yang terbesara di dunia.

Kekayaan mineral ditemukan di semua bagian Australia, tetapi wilayah barat yang kering ini merupakan tempat harta karun mineral. Di Jajaran Hamersley terdapat banyak endapan bijih besi. Berbagai endapan mineral – seperti timbal, seng , perak, tembaga, uranium, nikel, emas dan banyak lainnya – ditemukan di banyak bagian Plato Barat Besar.

Beberapa wilayah barat daya, Plato Barat Besar memperoleh curah hujan yang teratur. Wilayah ini sedang dikembangkan, dengan bantuan proyek irigasi ilmiah, menjadi pusat peternakan sapi dan biri-biri serta lahan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: