jawaban uts

Kapabilitas politik negara

Paham yang dianut

Uraian

Rincian

Uraian rincian

Keterangan

Ideology

Liberalisme

merupakan warisan dari para pembawanya yang berasal dari Eropa. Hal itu bisa terlihat dari pola kehidupan sehari – hari penduduknya serta dalam kehidupan pemerintahannya yang menjadikan Australia sebagai sebuah keunikan tersendiri di tengah – tengah budaya dan ideologi yang beranekaragam yang berada di Asia Tenggara khususnya.

Kepala negara adalah ratu sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri

Perdana menteri sekarang adalah Kevin Rudd

Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama.

Ekonomi dan Teknologi

Australia memiliki ekonomi campuran (mixed economy) yang sejahtera, dan bergaya-Barat

Australia merupakan sebuah negara yang besar dan dikategorikan ke dalam negara yang maju baik dalam pertumbuhan ekonomi serta bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bidang kehidupan yang sangat penting bagi Australia

PDB per kapita sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Britania Raya, Jerman dan Prances. Negara ini berada di peringkat ketiga pada Indeks Perkembangan Manusia tahun 2004 dan keenam dalam kualitas hidup 2005 oleh hasil survei majalah The Economist.

Lebih dari 60% operasional tambang di dunia saat ini menggunakan software dari Australia sementara ekspor tambang Australia meningkat menjadi 16% pada tahun 2006-200

PDB perkapita adalah sebesar $29.143

Teknologi Australia lebih terfokus pada teknologi kesehatan dan pertambangan

Mata uang Australia adalah Dollar Australia atau lebih dikenal dengan Aussie.

Demografi

Jumlah penduduk per 2006 adalah sebanyak 20.452.334 jiwa

Kepadatan penduduknya 2 jiwa/km²

Agama : anglikan, protestan, katolik roma.

Bahasa utama : inggris Bahasa berikutnya yang paling umum di dalam negeri ialah bahasa Cina (2,1%), bahasa Italia (1,9%) dan bahasa Yunani (1,4%)

Penduduk asli: kaum aborigin

Australia tidak memiliki agama negara. Sensus 2001 menyatakan bahwa The 68% orang Australia menyebut diri sebagai Kristen : 27% menyebut diri sebagai Katolik Roma dan 21% sebagai Anglikan. Orang Australian yang bukan beragama Kristen ialah 5%. Jumlah dari 16% dikelompokkan “Tak Beragama” (yang termasuk kepercayaan non-teistik seperti humanisme, ateisme, agnostisisme dan rasionalisme) dan 12% berikutnya menolak menjawab atau tak memberi tanggapan yang cukup penafsiran

Militer

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, Australia menganut konsep pertahanan yang disebut Forward Defence,

Jumlah personel angkatan udara adalah sekitar 13,500 pria dan wanita dan didukung oleh 2,800 pesawat dari berbagai jenis

Geografi

Bangsa Australia merupkn satu-satunya bangsa yang memiliki benua.

Air merupakan masalah yang merisaukan bagi Australia karena Australia merupakan benua terkering.

Kekayaan mineral ditemukan di semua bagian Australia, tetapi wilayah barat yang kering ini merupakan tempat harta karun mineral. Di Jajaran Hamersley terdapat banyak endapan bijih besi. Berbagai endapan mineral – seperti timbal, seng , perak, tembaga, uranium, nikel, emas dan banyak lainnya – ditemukan di banyak bagian Plato Barat Besar.

Beberapa wilayah barat daya, Plato Barat Besar memperoleh curah hujan yang teratur. Wilayah ini sedang dikembangkan, dengan bantuan proyek irigasi ilmiah, menjadi pusat peternakan sapi dan biri-biri serta lahan pertanian.

Nama negara : Australia

a) Kasus yang menimpa seorang wanita asal korea yang menjadi budak seks di negara Australia menunjukkan adanya undang-undang atau peraturan yang ketat dalam hal imigran asing. Australia terkenal begitu ketat dalam hal penerimaan pendatang terutama yang berasal dari kawasan asia tenggara dan juga kawasan jazirah arab. Banyak sekali terdengan berita mengenai pelecehan ras di negara ini. Sejak bergantinya kepemimpinan Australia dari tangan John Howard pada Kevin Rudd terjadi banyak sekali perubahan besar dalam kebijakan luar negeri Australia terutama yang berelasi dengan Indonesia, kerjasama antara kedua negara ini semakin meningkat terbukti dengan adanya kerjasama dalam bidang kebudayaan khususnya untuk memelihara warisan budaya Indonesia yang terkenal kaya akan budaya. Selain itu kerjasama juga tertuang melalui program pertukaran budaya yang intens dijalankan kedua belah pihak melalui konsulatnya. Sebagai sebuah negara yang memiliki industri yang bisa dikatakan maju, tentu saja Australia merupakan negara yang termasuk ke dalam kategori pencemar lingkungan. Kebersediaan Australia untuk menandatangani protocol Kyoto tidak lepas dari upaya penekanan dari berbagai negara berkembang mengingat semakin buruknya dampak yang dihasilkan oleh pemanasan global. Sikap yang ditunjukkan oleh Australia terkait isu program nuklir iran ternyata tetap menjadi suatu bukti akan tetap dekatnya hubungan antara Australia dengan sepupu jauhnya yaitu amerika serikat. Terkait dengan adanya upaya Australia yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah dari piala dunia pada tahun 2018, adalah merupakan suatu hal yang unik dimana sebenarnya olah raga sepakbola tidak terlalu populer di Australia. Masyarakat di sana lebih menyukai olah raga football dalam istilah amerika daripada soccer.walaupun Australia memiliki tim sepakbola yang dihuni oleh pemain-pemain kelas dunia namun hal tersebut belum mampu untuk mendongkrak popularitas sepak bola di negeri kangguru ini.

b) Australia termasuk dalam kategori negara yang maju baik dilihat dari kondisi perkeonomiannya maupun dalam hal teknologi. Keseriusan Australia dalam bidang olah raga terutama dalam bidang sepak bola ditunjukkan dengan pengajuan dari negara ini untuk menjadi tuan rumah piala dunia pada tahun 2018 nanti. Australia juga dikenal sebagai tangan kanan dari Amerika Serikat untuk kawasan Asia Tenggara, negara ini bahkan dikenal dengan sebutan Sheriff AS di Asia Tenggara. Kedekatan antara Australia dan Amerika serikat memang telah terjalin cukup lama terutama sekali terlihat pada masa pemerintahan John Howard. Sikap mendukung AS selalu ditunjukkan oleh Australia seperti pada penyerangan AS ke irak, Australia juga ikut ambil bagian di dalamnya, hal lainnya yaitu mengenai sikap Australia terhadap resolusi DK PBB mengenai nuklir Iran, sikap yang mendukung AS kembali diperlihatkan dengan upaya untuk menekan Iran di mata internasional. Terpilihnya Kevin Rudd sebagai perdana menteri yang baru sedikit banyak telah merubah arah politik Australia, jika dahulu Australia sangat lekat dengan AS maka pada masa pemerintahan sekarang mereka lebih memiliki sikap tersendiri, salah satu bukti nyata adalah dengan segera menarik pasukan yang dulu dikirim ke Irak untuk membantu AS. Perubahan kebijakan luar negeri seperti sekarang ini adalah merupakan suatu kabar yang baik bagi negara-negara tetangga seperti Indonesia. Hubungan kedua negara yang sempat kurang baik mencoba untuk diperbaiki dengan adanya kunjungan untuk eprtamakalinya oleh perdana menteri yang baru. Tidak hanya sampai disitu, kerjasama diantara kedua negara ini ternyata semakin di pererat dengan adanya program kerjasama dalam bidang budaya antara Indonesia dan Australia. Arah positif yang ditunjukkan Australia lewat pemerintahan Rudd ternyata tidak hanya sampai disitu saja. Dulu Australia merupakan negara yang sangat sulit untuk diajak berunding terutama dalam masalah penandatanganan protocol Kyoto bersama dengan kolega sejatinya. Konferensi UNFCCC yang diadakan di bali menjadi titik tolak berubahnya pendirian Australia. Seperti yang telah disinggung pada awal tulisan bahwa Australia merupakan sebuah negara maju yang memiliki kultur berbeda dengan negara-negara tetangganya. Australia lebih memiliki budaya barat (eropa) daripada budaya timur. Budaya barat yang bebas terlihat dengan adanya kebebasan dalam industri rumah border atau PSK. Namun peraturan mengenai kebebasan dalam hal industri tersebut tetap diberlakukan secara ketat terutama dalam hal pekerja asing yang dating ke Australia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: