Australia Menyumbang Rp258 Milyar (A$30 Juta) Untuk Bantuan Darurat Program Pangan Dunia

Pemerintah Australia akan menyediakan bantuan darurat senilai Rp258 milyar (A$30 juta) kepada negara-negara yang terkena dampak melambungnya harga bahan pangan pokok. Bantuan 258 milyar yang diumumkan Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith tersebut merupakan tanggapan atas permintaan darurat Program Pangan Dunia.

Program Pangan Dunia baru-baru ini telah meminta dana tambahan untuk mengatasi kesenjangan kritis operasi pemberian bantuan pangannya akibat melambungnya harga pangan dan bahan bakar minyak.

Australia adalah pendukung kuat Program Pangan Dunia yang telah menyediakan lebih dari Rp8,6 triliun (A$1 milyar) untuk operasi program tersebut sejak 1963. Pemerintah Australia gembira dapat menanggapi permintaan tersebut.

Pemerintah Australia juga akan meningkatkan keterlibatannya dalam upaya-upaya internasional guna mengatasi akar penyebab kesulitan pangan di negara-negara berkembang melalui peningkatan bantuan, partisipasi yang konstruktif dalam proses multilateral dan dukungan secara terus menerus atas reformasi kebijakan perdagangan internasional.

Sejalan dengan Kelompok Kerja Krisis Pangan Global (Task Force on the Global Food Crisis) yang didirikan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-Moon, Pemerintah Australia telah menugaskan lembaga terkait untuk bekerjasama dalam mengembangkan rencana aksi menyeluruh untuk menangani keamanan pangan jangka panjang, dengan melibatkan keahlian Australia dalam bidang pertanian, termasuk pertanian setengah gersang dan adaptasi.

Terdapat kebutuhan untuk meningkatkan program bantuan pembangunan Australia dalam produktifitas pertanian dan pembangunan pasar.

Selain itu, Pemerintah Australia sangat mendukung seruan Sekjen PBB Ban Ki-Moon untuk memajukan Putaran Doha. Pelucutan rintangan perdagangan produk pertanian adalah bagian dari tanggapan kebijakan jangka panjang yang dibutuhkan.

Pendanaan bantuan tersebut dipenuhi dari anggaran bantuan keseluruhan Pemerintah Australia.

Informasi lebih lanjut:
Jenny Dee (Atase Pers) tel. (021) 2550 5290 hp. 0811 187 3175

7 Mei 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: