Australia Menjanjikan Bantuan Hingga Rp 21,25 Triliun Kepada Indonesia

Australia berharap untuk memberikan bantuan hingga Rp 21,25 triliun (A$2,5 milyar) dalam jangka lima tahun kepada Indonesia untuk menangani kemiskinan dan membantunya mewujudkan prioritas sosial dan ekonominya.

Indonesia sedang mengambil langkah-langkah penting untuk mewujudkan Sasaran Pembangunan Milenium untuk mengurangi kemiskinan dan memastikan semua anak mempunyai akses ke pendidikan dasar.

Australia bertekad untuk bekerja dalam kemitraan dengan Indonesia guna mewujudkan Sasaran Pembangunan Milenium dan menciptakan kehidupan yang lebih baik kepada rakyat yang termiskin di Indonesia. Indonesia merupakan mitra bantuan pembangunan terbesar Australia. Salah satu proyek terkemuka kemitraan kita adalah prakarsa Rp 2,788 triliun (A$ 328 juta) untuk memperbaiki ratusan kilometer jalan nasional dan jembatan di 10 propinsi di Indonesia Timur. Tender akan diadakan pada Agustus sehingga pembangunan dapat dimulai pada proyek pertama 25 jalan.

Jalan adalah vital untuk pembangunan ekonomi dan sosial – memberikan petani akses ke pasar, menghubungkan masyarakat ke layanan pokok seperti sekolah dan klinik dan mendorong investasi. Proyek jalan merupakan bukti nyata dukungan Australia untuk Indonesia yang makmur. Di bidang pendidikan pun kemitraan Australia-Indonesia semakin kukuh.

Besok (Selasa, 12 Agustus 2008) saya akan bergabung dengan Menteri Luar Negeri RI Dr Hassan Wirajuda yang akan melakukan perjalanan ke Sulawesi Selatan untuk membuka sekolah yang didanai oleh Australia – salah satu dari 1000 sekolah yang telah dibangun atau sedang dalam pembangunan di seluruh Indonesia.

Ini adalah titik pertengahan proyek untuk membangun atau memperluas 2000 sekolah menengah pertama dan sekolah Islam untuk memberi para pemuda Indonesia akses ke pendidikan yang bermutu lebih baik dan masa depan yang lebih baik. Seluruh 2000 sekolah akan selesai dibangun pada akhir 2009. Kita juga akan meluncurkan prakarsa ketahanan pangan dan berkunjung ke proyek yang akan meningkatkan produktifitas pertanian.

Skala dan kekukuhan Kemitraan Australia Indonesia merupakan bukti tekad kita, sebagai tetangga, untuk membangun kawasan yang makmur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: