jawaban uas

UJIAN AKHIR SEMESTER MATAKULIAH ICT-HI

NAMA : BUDHIYONO

NIM : 44304036

KELAS : HI-2

DOSEN : H. BUDI MULYANA, S.IP.

  1. Resume dalam Bentuk Bagan

Kelompok Kawasan : Asia Pasifik

Nama Negara : Australia

Kapabilitas Politik Negara

Paham yang dianut

Uraian

Keterangan

Ideologi Liberalisme

Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama. Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. Liberalisme menghendaki adanya, pertukaran gagasan yang bebas, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi (private enterprise) yang relatif bebas, dan suatu sistem pemerintahan yang transparan, dan menolak adanya pembatasan terhadap pemilikan individu. Oleh karena itu paham liberalisme lebih lanjut menjadi dasar bagi tumbuhnya kapitalisme. Australia sendiri memiliki ideologi politik liberalisme yang merupakan warisan dari para pembawanya yang berasal dari Eropa. Hal itu bisa terlihat dari pola kehidupan sehari – hari penduduknya serta dalam kehidupan pemerintahannya yang menjadikan Australia sebagai sebuah keunikan tersendiri di tengah – tengah budaya dan ideologi yang beranekaragam yang berada di Asia Tenggara khususnya.

Teknologi Bertujuan untuk menjaga kredibilitas bangsa Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang saling terkait bagi perjalanan kehidupan bangsa australia dimana sebagai sebuah negara yang dikatakan maju terutama di kawasannya, kedua hal tersebut adalah suatu modal penting yang harus selalu menjadi fokus dalam menjaga kredibilitasnya sebagai sebuah negara besar. Pengembangan teknologi itu sendiri digunakan sebagai pendukung dalam agenda ekonomi dan juga keamanan Australia di percaturan internasional. Dengan adanya modal teknologi yang kuat yang dimiliki oleh australia maka akan memudahkan negara ini untuk mencapai setiap tujuan dan kepentingan nasionalnya. Pengembangan teknologi australia bergerak dalam berbagai bidang diantaranya adalah bidang kesehatan,keamanan melalui produksi kapal-kapal serta pendukung utama sendi ekonomi negara melalui industri-industri seperti pengolahan bijih besi, timah dan lain sebagainya.
Ekonomi ekonomi campuran (mixed economy) Australia memiliki ekonomi campuran (mixed economy) yang sejahtera, dan bergaya-Barat, dengan PDB per kapita sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Britania Raya, Jerman dan Perancis. Negara ini berada di peringkat ketiga pada Indeks Perkembangan Manusia tahun 2004 dan keenam dalam kualitas hidup 2005 oleh hasil survei majalah The Economist. Pada tahun-tahun belakangan ini, ekonomi Australia telah kembali setelah menghadapi ekonomi global yang melemah. Pengeluaran yang meningkat dalam ekonomi dalam negeri telah menekan penurunan ekonomi, dan keyakinan konsumen dan bisnis tetap kuat. Australia menekankan reformasi sebagai salah satu faktor kunci di belakang kekuatan ekonomi. Ekonomi Australia tidak mengalami resesi sejak awal 1990-an. Pada Juli 2005, pengangguran masih dalam kisaran 5%. Sektor jasa, termasuk pariwisata, pendidikan, dan jasa finansial membentuk 69% dari PDB. Pertanian dan sumber daya alam hanya membentuk 3% dan 5% dari PDB, tapi cukup membantu banyak dalam ekspor Australia. Pasar ekspor Australia terbesar termasuk Jepang, Cina, AS, Korea Selatan dan Selandia Baru. Hal yang menjadi perhatian para ekonomis termasuk defisit anggaran (current account deficit) dan juga tingkat hutang luar negeri bersih (net foregin debt) yang tinggi.

PDB total per tahun : $579.662 juta

Mata uang : Dolar Australia (AUD)

Demografi Kebanyakan penduduk Australia yang sekurang-kurangya 20,6 juta adalah keturunan pendatang dari abad kesembilanbelas dan keduapuluh, kebanyakan dari Britania Raya dan Irlandia. Seperti banyak negara maju yang lain, Australia sedang mengalami peralihan demografi terhadap penduduk yang lebih tua usianya, penduduk di bawah dan di atas umur bekerja. Australia telah memelihara salah satu program imigrasi di dunia untuk meningkatkan jumlah penduduk. Sebagian besar imigrannya terlatih, namun kuota imigrasi termasuk kategori untuk anggota keluarga dan para pengungsi. Bahasa Inggris ialah bahasa resmi, diucapkan dan ditulis dalam varietas yang berbeda yang dikenal sebagai Bahasa Inggris Australia. Australia tidak memiliki agama negara. Sensus 2001 menyatakan bahwa The 68% orang Australia menyebut diri sebagai Kristen : 27% menyebut diri sebagai Katolik Roma dan 21% sebagai Anglikan. Orang Australian yang bukan beragama Kristen ialah 5%. Jumlah dari 16% dikelompokkan “Tak Beragama” (yang termasuk kepercayaan non-teistik seperti humanisme, ateisme, agnostisisme dan rasionalisme)
Militer menganut konsep pertahanan yang disebut Forward Defence konsep pertahanan yang disebut Forward Defence, yaitu menempatkan pasukan di luar negaranya seperti di Korea Selatan, Vietnam, Semenanjung Malaysia dan Serawak di Malaysia Timur sebagai kerjasama pertahanan dengan Inggris dan Amerika Serikat. Dalam pengkajian strategi tahun 1993, ditegaskan bahwa AB Australia harus mampu melaksanakan operasi secara mandiri dan harus mampu menangkal jangkauan senjata musuh dengan memanfaatkan geografi Australia. Pertahanan Australia berorientasi pada kemampuan. Bukan pada ancaman. Secara realistik tidak ada satu negarapun yang bermaksud menyerang Australia, tetapi dalam dunia modern ancaman dapat berkembang lebih cepat ketimbang kemampuan militer. Dilihat dari segi geografis, Australia sangat mudah diserang dari arah utara. Dengan demikian AB Australia harus selalu siap dalam menyelenggarakan pertahanannya di belahan utara benuanya. Mengingat bahwa Australia hanya memiliki sejumlah kecil penduduk, maka dasar pertahannya tidak bertumpu pada jumlah kekuatan militer yang besar, tetapi pada teknologi tinggi.
Geografi Bangsa Australia merupkan satu-satunya bangsa yang memiliki benua. Benua ini merupakan benua yang luas dan sangat luar biasa. Dari semenanjung Cape York di Queensland di utar sampai ke tanjung tenggara di pulau Tasmania, panjangnya sekitar 3.220 km, sedangkan dari Titik Curam di Australia barat di sebelah barat hingga ke Tanjung Byron di New South Wales di timur, panjangnya sekitar 3.860 km. Kekayaan mineral ditemukan di semua bagian Australia, tetapi wilayah barat yang kering ini merupakan tempat harta karun mineral. Di Jajaran Hamersley terdapat banyak endapan bijih besi. Berbagai endapan mineral – seperti timbal, seng , perak, tembaga, uranium, nikel, emas dan banyak lainnya – ditemukan di banyak bagian Plato Barat Besar. Luas wilayah Australia : 7.686.850 km²
Diplomasi Berpatokan pada tujuan dan kepentingan nasional

Hubungan Australia dengan komunitas internasional dipengaruhi oleh posisinya sebagai sebuah negara perdagangan yang besar dimana pola interaksi yang terjalin derpatokan terhadap tujuan dan kepentingan nasional nya.

Tujuan nasional Australia :

menjaga integritas dalam lingkungan internasional yang saling bersaing

Kepentingan nasional :

Terdapat 4 pokok yaitu

– memelihara keamanan yang positif dan lingkungan strategis dalam kawasannya

– mendukung terciptanya keamanan global

– kerjasama ekonomi, investasi dan perdagangan

– menjadi warga dunia yang baik

Dalam hubungannya, Australia sangat memperhatikan potensi dalam membangun kerjasama baik dalam konteks bilateral ataupun regional. Pada saat ini fokus utama Australia adalah menjalin kerjasama dengan Amerika Serikat&Inggris serta negara-negara dari kawasan Asia baik dalam konteks ekonomi maupun keamanan.
Sejarah Interaksi Internasional Dilandasi oleh motif ekonomi dan isu keamanan Dalam melakukan interaksinya dalam sistem internasional Australia diarahkan oleh suatu komitmen untuk multilateralisme dan regionalisme. Hal tersebut tercermin melalui keanggotaannya dalam organisasi internasional baik regional maupun internasional. Hal tersebut dilakukan dalam upayanya untuk mencapai segala kepentingannya. Amerika serikat serta Inggris memang menjadi fokus utama Australia dalam menjalankan perannya namun Australia juga menganggap Asia sebagai sebauh potensi yang sangat penting sebagai pangsa pasar bagi produk-produk Australia. Disamping itu kawasannya yang rentan terhadap serangan dari luar menjadikan Asia dan Asia pasifik sebagai prioritas utama dalam kerjasama keamanan selain dari Amerika Serikat & Inggris tentunya.

Keterlibatan Australia dalam organisasi internasional diantaranya :

  • South Pcific Forum

  • ANZUS

  • ASEAN regional Forum
Keterlibatan dalam Perang Banyak dipengaruhi oleh kepentingan Negara besar seperti Inggris dan Amerika Perang-perang yang pernah melibatkan Australia di dalamnya dari sejak Perang Dunia I sampai pada Perang Irak baru-baru ini, sebagian besar memang dipengaruhi oleh kepentingan dari Negara-negara besar yang memiliki kedekatan khusus dengan Australia. Inggris sebagai Negara induk dari Australia pada waktu itu banyak melibatkan Australia dalam peperangan meskipun hanya sebagai pasukan yang diperbantukan. Pasca kemerdekaannya, Australia juga banyak mengekor terhadap kepentngan Amerika Serikat sebagai sekutu utamanya seperti yang terjadi pada perang Afghanistan dan Perng Irak.

Perang yang pernah diikuti oleh Australia:

  • Perang Boer di Afrika Selatan pada tahun 1899-1902

  • Perang Dunia I tahun 1914

  • Perang Dunia II

  • Perang Afghanistan

  • Perang Irak
Keterlibatan dalam Perjanjian Internasional Berakar pada tujuan dan kepentingan nasional negaranya Tujuan dasar politik luar negeri Australia adalah menjaga integritas dalam lingkungan internasional yang saling bersaing. Integritas suatu bangsa bukan hanya mencakup perlindungan terhadap aset-aset yang penting seperti wilayah teritori, sumber daya alam dan manusia dalam batas negara tetapi juga memelihara sistem ekonomi, politik, sosial, budaya masyarakat yang turun temurun secara singkat. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai oleh Australia tersebut maka Australia banyak melibatkan diri dalam keanggotaan organisasi internasional dan juga perjanjian internasional guna memudahkan dalam menjalin interaksinya dengan pihak lain yang bias menunjang pemenuhan kepentingan dan tujuan nasionalnya.

Perjanjian internasional yang pernah diikuti oleh Australia :

  • Kyoto Protocol to the United Nations Framework Convention on Climate Change

  • Nuclear Non-Proliferation Treaty

  • Regional Logging of Conduct dalam kerangka ARF

  • protocol South Pacific Free Zone Treaty-The Treaty of Rarotonga pada tahun 2003

2. Resume weekly news

(a) Berdasarkan Weekly news, Uraikan dalam 200 kata, kondisi real yang terjadi di negara masing-masing.

(b) Kaitkan kondisi real tersebut dengan basis keseluruhaan kapabilitas negara. Kemukakan alasan mengapa kondisi tersebut (resume weekly news) terjadi. Uraikan dalam 100 kata.

(a). Australia dikatakan sebagai sebuah Negara besar yang sudah bisa dikatakan maju dalam berbagai bidang kehidiupan baik dalam bidang ekonomi, politik dan juga keamanan. Dengan PDB per tahun sebesar $579.662 juta, menjadikan Australia sebagai sebuah Negara yang sangat diperhitungkan dan berpengaruh di kawasan dan juga di kawasan sekitarnya seperti Asia. Pada masa sekarang, Australia bergerak menuju keterikatannya dengan Asia sebagai sebuah kekuatan. Hubungannya dengan komunitas internasional dipengaruhi posisinya sebagai negara perdagangan besar dan sebagai donor kemanusiaan yang penting. Sesuai dengan Kebijakan luar negeri Australia yang diarahkan oleh suatu komitmen untuk multilateralisme dan regionalism, atas dasar itulah maka Australia banyak memeainkan perannya untuk menjadi sebuah Negara yang berpengaruh melalui kerangka kerjasama internasional dalam konteks organsasi baik regional maupun internasional. Melalui kerangka inilah Australia sebagai sebuah Negara yang maju kemudian banyak memberikan bantuan financial terhadap Negara-negara yang membutuhkan khususnya Negara-negara yang ada di kawasan Asia dan Pasifik yang notabene kebanyakan berstatus Negara berkembang dan miskin. bantuan sebesar $6,5 juta (Rp 55.25 milyar) untuk periode dua tahun kepada World Food Programme untuk menangani masalah kekurangan gizi yang diakibatkan kekurangan pangan kronis di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Indonesia, merupakan salah satu contoh nyata bagaimana Australia mencoba untuk bias dijadikan sebagai sebuah kekuatan dan mitra penting di kawasan. Hubungan antara Australia dan Indonesia itu sendiri tercipta semenjak berlangsungnya perang dingin. Terdapat setidaknya dua factor yang sangat menentukan arah dan sifat dari hubungan antara Australia-indonesia. Factor pertama yaitu kedekatan geografis. Factor kedua yaitu perbedaan dalam hal pengalaman sejarah. Kedua factor tersebut memiliki dampak terhadap hubungan bilateral kedua Negara dan mengakibatkan terbentuknya sikap ambivalen pada Australia. Dalam arti bahwa bila ditinjau dari aspek ekonomi, Indonesia merupakan sumber bahan baku bagi industry atau pasaran dari produk Australia. Ditinjau dari aspek politik dan militer, Negara Indonesia berkompeten mencegah persaingan konfrontatif antara Negara-negara besar di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu bagi Australia, Indonesia merupakan sebuah potensi besar guna mencapai kepentingan dan tujuan nasionalnya.

(b). Australia terletak di belahan bumi bagian selatan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Benua Australia membentang dari garis lintang 10o 41’LS sampai garis lintang 43o 39’LS dan dari garis bujur 113o 09’BT sampai 153o 39’BT. Dengan Luas wilayah 7.682.300 km2dan lebar wilayah kira-kira 3200 km dari pantai timur ke barat dan panjangnya 3700 km dari Tanjung York di pantai utara sampai Tanjung Tenggara di Tasmania merupakan wilayah yang lumayan besar dan memiliki potensi yang cukup besar juga dari segi sumber daya alam. Pasca mendapatkan kemerdekaannya dari inggris pada tahun 1901, Australia mulai membangun kekuatan negaranya untuk bisa diperhitungkan dalam tatanan system internasional. Menyadari bahwa Australia tidak meiliki potensi yang besar seperti Indonesia sebagai contoh dalam hal sumber daya alam, Australia lebih memfokuskan diri pada perkembangan teknologi industry. Selama tahun-tahun 1950-an dan 1960-an pabrik dipandang sebagai hal yang diperlukan bagi pertumbuhan nasional. Barang yang diimpor dikenakan pajak dalam rangka melindungi produsen Australia. Pemanfaatan teknologi meningkat. Barang-barang yang digunakan di rumah seperti kulkas, mesin cuci, radio dan televisi mulai diproduksi di Australia. Produksi mobil tumbuh dengan pesat untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat. Industri ini membutuhkan bahan seperti gelas, baja, plastik dan karet sehingga produksi bahan ini juga meningkat. Menjelang akhir tahun 1960-an produksi hasil pabrik menjadi sangat penting di Australia. Australia dulu kurang produktif karena tidak menggunakan teknologi terbaru. Kemudian kalangan industri di Australia menyadari kekeliruan ini. Sekarang Australia telah mulai mengembangkan industri berteknologi tinggi. Industri semacam ini menggunakan tenaga matahari, rekayasa genetika, peralatan kedokteran, laser, dan compact disc. Teknologi baru telah diperkenalkan dalam bidang jasa angkutan dan komunikasi. Melalui peningkatan dalam sector industry tersebut maka tonggak perekonomian Australia bisa dikatakan kuat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pendapatan pertahun yang dimiliki oleh Australia merupakan modal yang sangat penting baginya untuk bisa menunjukkan kapasitasnya sebagai sebuah Negara besar. Dalam mewujudkan tujuannya tersebut Australia berhubungan baik dengan Negara-negara yang memiliki potensi serta kekuatan yang bisa mengangkat kapabilitas dari Australia itu sendiri seperti hubungan erat yang dijalin dengan amerika serikat guna menjadi back up nya dalam segala hal yang berkaitan dengan system internasional. Dengan adanya hubungan yang baik dengan Negara-negaraseperti amerika serikat dan inggris diharapkan dapat mempermudah Australia dalam menjamin keamanan di wilayahnya serta akses mudah dalam kerjasama internasional. Kenginan Australia untuk bisa memainkan peranannya dalam kawasan serta sekitarnya seperti Negara-negara asia, sesuai dengan kebijakan luar negerinya yang berupaya untuk menjalin kerjasama regional dan multilateral menjadikan Australia banyak terlibat dalam organisasi internasional serta terlibat dalam pemberian bantuan asing terhadap Negara-negara yang membutuhkan khususnya Negara yang juga bisa meberikan manfaat bagi Australia seperti Indonesia.

3. Kemukakan argumentasi tentang kapabilitas negara Anda, bila dibandingkan dengan negara-negara kelompok kawasannya

dilihat dari potensi yang dimiliki oleh Australia dimana dengan luas 7.682.300 km2 serta potensi sumbr daya manusia yang dimiliki oleh bangsa Australia. Secara kasat mata jika dibandingkan dengan Negara-negara yang berada di kawasan pasifik lainnya, praktis hanya Selandia baru yang dalam berbagai sendi kehidupan dapat mengimbangi kekuatan Australia. Berbagai kemajuan dalam bidang ekonomi dan juga industry serta teknologi memperlihatkan begitu besarnya jurang pemisah antara Australia dengan Negara-negara seperti Fiji, Vanuatu, tonga dll. Menyadari memiliki potensi yang besar di kawasan, maka Australia pun mencoba untuk bisa menjadi seorang leader dikawasan pasifik. Dimulai dengan terbentuknya South pacific Forum merupakan langkah awal dari Australia dalam menanamkan pengaruhnya. Dengan adanya kerjasama yang baik dengan amerika serikat dan Negara-negara eropa semakin mengukuhkan kekuatan dari Australia sebagai sebuah Negara besar yang ada di kawasan pasifik. Berbagai organisasi internasional serta berbagai macam perjanjian internasional yang diikuti oleh Australia semakin mempermudah akses Australia untuk unjuk gigi dalam kancah internasional. Sudah banyak berbagai macam bantuan baik berupa financial ataupun bantuan dalam bentuk jasa yang diberikan terhadap Negara-negara kecil yang ada di kawasannya. Sumber kekuatan selain dari kedekatannya dengan AS didapat Australia dari pengembangan sector industry nya yang maju. Beberapa sector industry penting bagi perekonomian Australia adalah sebagai berikut :

  • industry baja

Baja menjadi bahan dasar bagi industri modern. BHP, yakni salah satu perusahaan Australia yang terkemuka, menghasilkan baja di Australia. Perusahaan ini menghasilkan kira-kira 7,9 juta ton produk baja setiap tahun.

Proses pembuatan baja meliputi dua tahap:

  • membuat besi dari bijih besi, batubara, dan batu kapur

  • membuat baja dari besi, besi tua, batu kapur dan bahan-bahan logam campuran

Terdapat tiga perusahaan baja yang benar-benar terpadu di daerah pantai Whyalla, Newcastle, dan Port Kembla. Bahan-bahan mentahnya diangkut melalui kapal laut ke perusahaan baja dari berbagai tempat di Australia.

  • Industry perakitan mobil

Mobil dirakit dari berbagai bagian yang berbeda-beda. Bagian-bagian ini mencakup mesin, perseneling, kaca depan, tempat duduk, lampu, dan ban. Industri mobil harus bergantung pada beberapa industri yang memasok bagian-bagian suku cadang ini. Mobil pertama yang diproduksi di Australia adalah Holden. Industri mobil tersebut mempekerjakan kira-kira 10 persen dari semua pekerja pabrik di Australia. Digunakan robot untuk merakit mobil-mobil.

  • Industry pengolahan makanan

Industri pengolahan makanan di Australia terus berkembang. Industri ini bertumpu pada bahan makanan produksi lokal. Industri pengolahan makanan ini mempekerjakan 18% dari tenaga kerja yang ada dan merupakan 21% dari keseluruhan pertukaran barang dalam sektor pabrik. Telah dihasilkan berbagai jenis barang yang berbeda, seperti es krim, sayuran dan buah-buahan kalengan dan beku, minuman anggur dan daging serta ikan kalengan. Pada tahun 1993 telah diproduksi makanan olahan senilai 35,7 miliar dolar. Makanan dan minuman olahan merupakan 14% dari jumlah ekspor Australia. Enam dari sepuluh pasar ekspor terbesarnya ada di Asia. Pasar yang terpenting adalah Jepang. Pasar-pasar lain seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura sedang berkembang pesat. Ekspor makanan olahan ke Asia mencakup produk daging dan ikan, beberapa cereal (padi-padian) dan produk olahan dari susu seperti susu bubuk.

Bisa disimpulkan bahwa dari segi kekuatan perekonomian serta bidang kehidupan lainnya, di kawasan asia pasifik Australia memiliki kapabilitas yang tinggi. Dan hal tersebutlah yang pada nantinya akan mempermudah Australia untuk menyebarkan pengaruhnya serta menjadi leader bagi kawasan asia pasifik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: